Press

Sendirian Bukan Berarti Kesepian




Hi guys, welcome back.

Sejak jaman sekolah dulu, aku lumayan sering menghabiskan waktu sendirian. Bukan di kala sedang ada masalah saja, untuk mencari ‘pelarian’, tapi memang suka.

Banyak orang bilang, “Kasian ih, jangan sendirian aja... keliatan banget jomblonya.” hahahaha iya pun memang jomblo, tapi bukannya kesendirian itu bukan berarti kesepian?

Rutinitas sehari-hari yang padat dan terus berulang seringkali membuat kita bosan dan jenuh. Tanggung jawab untuk menyelesaikan semua urusan pada dasarnya merupakan suatu kewajiban dan hal yang positif. Intensitas untuk bertemu orang banyak dalam suatu kepentingan hampir membuat kita lupa bahwa kita juga perlu mengistirahatkan diri sendiri.



Tulisan ini merupakan kolaborasiku bersama Bandung Hijab Blogger dengan tema 'How to Enjoy My Me Time'.


Quality time sangat bisa dilakukan kapanpun dan dimanapun, se-sederhana mungkin yang penting kita akan lebih menyayangi diri sendiri setelahnya juga mendapatkan asupan-asupan positif lainnya. Setiap orang punya selera masing-masing. Beberapa cara yang aku lakukan ini mungkin bisa kamu pilih untuk melakukan me time dengan diri kamu!




1.       Lakukan Apa yang Kamu Sukai

Cara yang paling mudah dan paling sering dilakukan apalagi kalau bukan mendengarkan lagu atau musik kesukaan, menonton film atau video youtube favorit, membaca buku atau novel yang menarik, hmmm pokoknya melakukan aktivitas yang kamu suka, 'the moodboster'.

Kalau lagi niat alias gak mager, biasanya aku pergi ke salah satu tempat mendukung, salah satunya Badan Perpustakaan dan Pengarsipan Daerah Provinsi Jawa Barat (BAPUSIPDA) yang letaknya ada di daerah Kawaluyaan, Kota Bandung. Tempatnya elite untuk perpustakaan umum, fasilitasnya bagus dan cukup lengkap, bersih dan tenang. Aku pilih tempat ini karena aku suka membaca dan menulis, kalau kamu lebih suka olahraga, just do anything positive!




2.       Nongkrong di Cafe

Kamu bisa bebas tentuin tempat dan tentuin menu, mau pake promo apa atau ganti tempat tiba-tiba tanpa ada yang marah.

Hampir semua cafe sekarang menyediakan fasilitas free wifi. Biasanya kalau pergi ke cafe sendirian, aku gak cuma chilling, tapi sambil laptop-an. Balik lagi ke nulis blog, nugas atau nyusun naskah skripsi (sewaktu masih jadi anak kampus), bisa juga sambil baca buku atau bahkan sambil gaming. Hanya sekedar mampir sambil chattingan dengan teman dan istirahat sejenak, why not?




3.       Jalan-jalan atau shopping di Mall

Hmm.. absolutely aku gak anjurin kamu buat shopping di mall sampe kantong bolong ya. Aku pribadi juga bukan anak mall hehehe kalau jalan-jalan ke mall sendiri kayak gini, biasanya aku sudah punya tujuan, misalnya mau beli baju atau skincare yang tokonya cuma ada di mall tersebut dan biasanya juga apa yang aku beli gak jauh apa yang sudah aku list sebelumnya, paling sisanya cuma cuci mata saja, jadi gak akan tekor, hihihi ;) *wink*

Jalan-jalan ke tempat umum terbuka sih aku jarang ya. Pemikirannya lebih ke ngeri sama orang-orang jahat di tempat umum. Aku sempat berencana untuk hunting foto sendirian di jalanan atau bahasa anak fotografinya, nyetrit. Namun, teman-teman suhu fotografi tidak menganjurkan untuk nyetrit sendirian, apalagi kalau bawa kamera seharga motor keluaran baru.

4.       Merawat Diri

Ayo loh... ciwi-ciwi... siapa yang kalau lagi perawatan suka ke-enakan sampe ketiduran? Wkwkwk aku. Gak di klinik kecantikan, gak di rumah. Kalo lagi maskeran yang harus ditunggu, 15 menit langsung tidur. Apalagi kalau sambil dipijit-pijit gitu.

Apa aja sih jenis perawatan yang kamu paling suka? Terus kamu team mana nih, team perawatan di klinik atau team perawatan di rumah?


5.       Staycation

Nah kalo cara yang ini, jujur aku masih jarang banget dan aku berencana untuk staycation nih, lokasinya masih di Bandung saja, punya rekomendasi?

Beberapa waktu lalu secara tidak sengaja, sewaktu aku sedang mengikuti sebuah acara yang berlangsung selama 3 hari, aku menginap di salah satu hotel di Bandung. Suatu hari, aku tidur dan berada sendirian di kamar hotel, karena roommate-ku meminta izin untuk menemani temannya di kamar lain. Disitulah aku mulai mengenal dan merasakan “asik juga nginep sendirian gini, apalagi kalau buat istirahat.”


Nah, itu dia beberapa cara aku untuk menikmati quality time dengan diri sendiri. Kamu harus tetap hati-hati ya, dengan keadaan sekeliling ketika kamu lagi 'me time'.



‘Me Time’ sejatinya akan mendatangkan manfaat bagi pribadi kita. Hal-hal tersebut diatas menyadarkan aku bahwa setiap manusia bisa melakukan banyak hal sendiri. Bukan egois, namun mandiri. Mencari dan memahami motivasi diri, in the other side untuk memahami arti dari adanya orang lain.

Semua orang memiliki potensi, yang bisa ditemukan saat melakukan ‘me time’. Kenang masa lalu yang indah, merenung, mengingat cita-cita masa kecil dengan membawa kekuatan di masa lalu.

Karena kata orang bahagia itu sederhana. Kebahagiaanmu ditentukan oleh diri kamu. Love yourself, first. :)




26 komentar

  1. Dari judul semacam kode ya haha...Tapi setuju banget sama tulisan kamu ghin we need to feel completed with ourshelves.

    BalasHapus
  2. hehehe, suka ama judulnya. Kadang orang lain tuh suka memandang aneh ketika kita suka menyendiri. Padahal dibalik kesendirian itu, kita gak pernah merasakan kesepian justru terkadang kita menemukan kesenangan. Apalah itu, intinya setuju teh..bahwa kesendirian bukan berarti kesepian hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya teh, mindset dan penglihatannya harus dirubah ya hehehe

      Hapus
  3. yeay seru banget me timenya setujuuu selagi ada usia manfaatkan dengan baik untuk selalu produktif

    BalasHapus
  4. Shopping di mall sih paling bener..cuma donatur nya yang susah cair 🤣🤣

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha nah itu, mending kalo donaturnya ada, kalo engga ada lebih repot teh

      Hapus
  5. Aku dari dulu udah bercita2 ingin staycation sendirian. Eh taunya keburu nikah dan sebentar lg lagi ada bayi. Mesti ditunda lagi deh.. haha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. waah iya ya, apalagi kalo ada debay. semoga nanti terwujud kalo dede nya udah besar ya..

      Hapus
  6. Pengen dech nyobain staycation sendiri, tp apalah diriquw ini orangnya parnoan 😂😂😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama teh aku juga parnoan wkwkw yuk ah kita coba staycation sendirian

      Hapus
  7. Jadi inget me time jaman kuliah: ke bapusipda dari pagi sampe mau ditutup. Betaaaah apalagi kalau udh mojok d lt.3. Bisa sambil bobo saking hening...wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah ternyata sama sama anak bapusipda hehehe aku belum pernah sih kalo sampe ketiduran :p

      Hapus
  8. Wah nongkrong di cafe kujuga pernah tp banyak yg liatin jd risi wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. nih bener bgt, antara heran apa terpesona sama teteh kayaknya hahaha

      Hapus
  9. jadi pengen staycation lagi setelah punya anak, tapi rasanya belum pas aja waktunya karena mager liat bawaan si kecil yang cukup banyak haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh dicoba aja teh kalo waktunya pas. lumayan bisa jadi q'time sama si kecil dengan suasana baru hehehe

      Hapus
  10. ghin makin sini foto dirimu makin kece, ajarin kali. btw bener kalau me time itu kita kudu lakuin apa yg kita suka yes

    BalasHapus
    Balasan
    1. yaaahh tetep kece yg komen ini maah hahaha betuulss

      Hapus
  11. merawat diri & melakukan apa yg disukai sih point utama hhi soalnya yg lain harus ngeluain duit bnyak wkwk

    BalasHapus
  12. Aku belom pernah coba buat staycation sendirian. Ga pernah kebayang aja gitu, kaya gmn rasanya 😅

    BalasHapus
  13. Staycation sendirian pernah dulu pas lagi galau, tapi dipikir2 geje juga. Toha sama-sama sendiri, cuma bedanya suasana dan tempatnya aja hehe maaf ya curcol

    BalasHapus

My Instagram