Press

Mulai dari Diri Sendiri, Terapkan Resolusi Tahun Baru




Hi guys, welcome back.

Pertama-tama, marilah kita panjatkan puji dan syukur kepada Tuhan yang Maha Esa, karena pada kesempatan inilah kita dapat bertemu kembali untuk membicarakan tentang resolusi tahun 2019 di awal tahun ini, udah kayak pembukaan pidato kenegaraan, bukan?

Late is better than never, seharusnya obrolan mengenai resolusi tahun depan itu dilakukan di akhir tahun, tapi gapapa, mumpung masih awal januari dan ini juga merupakan kolaborasi aku dengan Bandung Hijab Bloggger.



Di akhir tahun bahkan hingga sekarang, negara kita Indonesia dan kita sebagai rakyatnya ini, sedang banyak diuji, iya gak sih? Bencana alam dan perang politik yang merembet kemana-mana, do you understand ‘merembet kemana-kemana’?

Jadi, ayo kita banyak-banyak berdo’a, bersyukur dan evaluasi diri.

Disini aku gak akan menjabarkan apa saja resolusi aku, karena resolusiku hanya satu kalimat yaitu mencapai apa yang belum dicapai di tahun lalu, hehehehe 1000x. Tapi aku akan share beberapa hal yang mungkin bisa sama-sama kita jadikan resolusi di tahun ini untuk menjadi tahun yang lebih baik. So, let’s begin!

1.    Identifikasi Keuangan
Pada prinsipnya, solusi keuangan hanya ada 2, yaitu mengurangi pengeluaran dan menambah pendapatan. Mulailah dengan beberapa hal sederhana yang kemudian berpengaruh besar bagi kondisi ekonomi, misalnya, menganut paham ‘keinginan dan kebutuhan’ dengan tidak menghambur-hamburkan uang dan menjadikannya tabungan, jangan dikit-dikit mau dan segala dibeli ya! Kalau di rumah udah terlanjur kebanyakan kosmetik, daripada ngebala dan mubadzir, mending dibikin preloved, lumayan kan?
Lalu melunasi hutang dan melakukan pekerjaan sampingan untuk perencanaan ekonomi jangka panjang.

2.    Menyelesaikan Pendidikan
Ingatlah bahwa tujuan awal memasuki dunia pendidikan adalah untuk belajar dan menerapkannya dan intinya, kelulusan adalah gawang untuk penerapan ilmu tersebut. Biaya sekolah ataupun beasiswa sulit didapatkan, benar? Makanya, jangan males masuk kelas dan selesain tugas-tugasnya ya, guys.

3.    Gaya Hidup Sehat
Tolong jangan jadikan ini sebagai hoax. Kalimat seperti, “Aku mau diet mayo.” dan “Sekarang setiap hari minggu, aku mau lari pagi.” seringkali diucap namun tidak dengan penerapannya. Lakukanlah beberapa hal ini untuk hidup yang lebih sehat. Memilah-milih asupan makanan, rutin berolahraga, istirahat yang cukup dan berpikiran positif. Sehat itu mahal. Jadi, masih mau teleponan sama gebetan sampai pagi?

4.    Jauhi Masalah Percintaan dengan Lebih Produktif
Apa hubungannya? Sebagai seorang jomblo yang sudah berkiprah di dunianya selama beberapa tahun, produktivitas merupakan hal yang memberikan impact besar terhadap kebahagiaan dan kenyamanan. Single atau tidak, itu pilihan. Lalu bagaimana dengan kami yang telah memiliki pasangan? Jadikanlah pula itu suatu pelabuhan dan pertanggung jawaban. Jika kamu tidak merasakannya, maka seharusnya kamu tahu apa yang harus kamu lakukan.

5.    Ciptakan Harmoni Masyarakat
Dalam hidup, perbedaan pasti akan selalu ada. Perbedaan pendapat, pola pikir, gaya hidup dan actually, kita semestinya bangga dengan perbedaan suku, ras dan agama yang ada di Indonesia bahkan di dunia ini. Manusia memang sejatinya diciptakan berbeda-beda untuk belajar dan berkembang serta menjadi pelengkap dalam hidup. Perbedaan-perbedaan ini tidak bisa kita hindari. Maka dari itu, kita harus menyikapinya dengan toleransi dan empati.

6.    Tingkatkan Keimanan
Ketahuilah, iman pada diri seseorang dapat bertambah dan berkurang bahkan dalam rentang waktu yang singkat. Kehidupan tidak terlepas dari peran Sang Pencipta, memang sudah seharusnya kita sebagai manusia mengetahui apa yang semestinya kita lakukan. Mungkin terdengar cukup berat ketika kita membicarakan soal iman dan taqwa. Namun apa salahnya jika memulainya secara perlahan. Satu awalan dari hal yang paling penting adalah luruskan niat. Allāhu akbar wa lillāhilhamd.

Selamat berjuang menuju tahun dan pribadi yang lebih baik.

See ya!

26 komentar

  1. Semoga 2019 less drama more fantastic things ya teh :)

    BalasHapus
  2. 6 poinnya keren teh, apalagi yang no 4. Jangan sampai masalah percintaan malah bikin gak produktif. Sayang banget waktunya..

    BalasHapus
  3. poin poin itu tersusun dengan rapi, doa terbaik untukmu selalu bahagia ditahun ini

    BalasHapus
  4. No 3 kayaknya sama deh kayak aku ngoyo dan halu. Hahaha janji ga akan makan malam tapi makan malam sama indomie yowes mau gimana lagi. Pengen langsing tapi mager.. semoga yah 2019 ini semakin sehat. Happy diet mayo

    BalasHapus
  5. Dulu aku pernah terjerat drama percintaan penuh toxic yang malah bikin ga produktif, tapi syukur nya ga lama, aku cepet2 sadar. Alhamdulillah sekarang sudah ada pasangan halal yang justru harus sering2 diperhatikan, hehe. Selamat menempuh tahun 2019 :)

    BalasHapus
  6. Efek cinta memang tergantung bagaimana kita mengelola.Bisa jadi toxic ataupun booster pada produktivitas kita.

    BalasHapus
  7. Nomer 3 aku banget... Mudah2n bisa terlaksana semua resulusinya yaaa aamiin

    BalasHapus
  8. jadi inget waktu itu kita ngobrollin tentang keuangan ya beb, mengatur keuangan salah satu jadi bucket list ku nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, semangat yu ah! apalagi ibu ini kan bentar lagi, hmm :))

      Hapus
  9. Mau deh manajemen keuangan sama gaya hidup sehatnya saya jd kan resolusi jg hebe..

    BalasHapus
  10. Duileeeeeh jauhi masalah percintaaan yang mana ni buuuu monmaap

    BalasHapus
  11. 2019 semoga semakin baik dlm aegala hal yaa

    BalasHapus
  12. Jauhi masalah percintaan yang gak berarti ya teh. Haha. 2019 harus lebih mengatur keuangan, sama kayak resolusiku. Semoga tercapai yaa..

    BalasHapus
  13. cakep banget nih si ibuk, jadi jomblo fiisabilillah yes. aku juga lagi ngurangin pengeluaran nih, mau coba uninstall shopee tapi masih belum tega wkwkw, doakan tahun ini jadi lebih hemat yes

    BalasHapus
  14. 2019 it time to shining ya teh. Semoga tahun ini bisa jadi versi terbaik diri kita. Aamiin 🤗

    BalasHapus
  15. bagus nih point 4 ghin. intinya mah love yourself as much as you can nanti juga dengan sendirinya dan dgn sedemikian ceritanya akan bertemu *ini apa jadi curhat 😂

    BalasHapus
  16. semangat mbak, semoga diberi kemudahan dalam merealisasikan resolusinya :)

    BalasHapus
  17. Semangat teteh..semuanya insyaallah terwujud dengan baik ;)

    BalasHapus
  18. Fix, harus kepo2 ig nya jouska haha

    BalasHapus
  19. shayyy gaya hidup sehat tuh pengen banget ya bisa tercapai. Ak ko susah banget mo hidup lebih sehat :-(

    BalasHapus
  20. 1 tips buat hidup sehat nih beb follow akun akun yang bodygoals dan makan sehat gitu deh.. aku sih jadi termotivasi banget liatnya hihi

    BalasHapus
  21. Bener banget menjadi single ketika lebih banyak waktu kita untuk produktif itu sangat-sangat berfaedah teh. Aamiin semoga semuanya menjadi lancar di tahun ini ya

    BalasHapus
  22. Yes bener tingkatkan keimanan aku setuju banget karena kita harus selalu dekat sama allah

    BalasHapus

My Instagram