Press

Cuap-cuap Blogger


Hi Guys, welcome back!

Dalam rangka memperingati hari blogger nasional tepat hari ini 27 Oktober 2018, akhirnya aku kembali menulis! Yayayayaya! (brb joget yayaya pake lagu pretty real, buat yang ngerti aja). 



Setelah hampir satu bulan gak belay-belay blog (sok sibuk), emang sibuk sumpah ter-hectic 2018! Berkolaborasi dengan Bandung Hijab Blogger dengan tema ‘Why I Started Blogging?’, aku kembali menulis tulisan tentang menulis, gimana tuh?

Sebenarnya, sejarah dan alasan kenapa aku mulai ngeblog itu sudah ku kupas tuntas di tulisan kedua aku, jadi kalian bisa baca aja ya ('Nulis, Why Not?'), karena disini aku akan menulis dengan gagasan yang lebih luas. 

So, let’s celebrate this day with writing and reading, mooorree!


What and who? What is blog and who is blogger?

Kata kak Wiki alias Wikipedia, blog merupakan singkatan dari web log yaitu aplikasi web yang berbentuk tulisan-tulisan (dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web. Aku pakai web blogger.com yang tampilannya menyerupai email, tapi isinya untuk posting tulisan bukan email dan nantinya setiap orang yang memiliki ‘akun’ blog dan akan punya ‘website blog’ masing-masing dengan tampilan yang berbeda tergantung selera desain. 

Terus kalau blogger? Ternyata, menurut Wikipedia blogger juga adalah sebuah layanan publikasi blog. But, dalam bahasa inggris, seorang pengguna biasa menggunakan kata –er di akhir kata. Jadi, istilah untuk pengguna blog itu sendiri adalah blogger.

Sayangnya, masih ada orang yang salah mengartikan. Aku menemukan satu akun instagram, sebut saja dia ‘mimin’. Followersnya banyak loh K K-an belakangnya, foto-fotonya oke punya. Aku sempet kek ngefans gituh waktu jaman-jaman kuliah (tuh gak munafik gue mah). Lalu belakangan ini aku mampir instagramnya lagi, hmm.. terdapat sebuah kalimat di profile instagramnya yang menyatakan bahwa ia adalah seorang blogger, nothing about blog link, blog post (maybe) or blog website, wow! Aku terkedjoet.

Plis plis, aku masih anak bawang, aku gak marahin siapa-siapa kok. Tapi begini deh, semenjak aku gaul bareng blogger dan mulai terjun di dunia blog, aku jadi tahu lika-liku kehidupan blogger, apa saja aktivitas mereka, style mereka seperti apa. So, ketika aku menemukan kejadian seperti diatas tadi, just, whyyy? That’s inappropriate.


Blog Type:

- Beauty
- Fashion
- Food
- Travel
- Parenting
- Lifestyle 

Zaman sekarang sepertinya blogger lebih suka mengkategorikan diri mereka di 2 tipe misalnya food and travel blogger or beauty and lifestyle.

Oh ya, kalian bisa kepoin yang lebih suhu nih Teh Raisa, salah satu temanku yang suka nulis tentang parenting dan bisa kepoin sharingnya mengenai awal mula ia ngeblog.


Aktivitas blogger

Blogger sama aja manusia biasa kok kita-kita ini... Cuma, ya ada yang memang fokus di blog, atau sambil kerja kantoran, sambil ngasuh anak dan suami serta rumah kan ibu rumah tangga yang baik, sambil ber-wirausaha.. (iya gin, gue juga tau kalo ini).

Pertama pastinya update blog’s post. Mulai dari curhat, cerita-ceritaan, diskusi disertai #sharingiscaring, review produk atau makanan atau suatu tempat atau juga apapun itu, sampai jualan.

Datang ke event berbayar, memenuhi undangan event (sudah gratis, dapat hadiah, dapat goodie bag, dapat lunch, masyaAllah luar biasa) jalan-jalan, makan di restoran atau nongkrong di cafe, lalu belanja, sambil foto-foto, yang dikit-dikit main handphone (buat bahan upload), intinya balik lagi, buat konten blog hahaha hihihi... iya, emang begitu anaknya, produktif ya, maaf nih.

Kumpul bareng komunitas sesama blogger dan komunitas lain, atau datang ke event (lagi) bareng-bareng.

Meeting sama brand, company atau komunitas lain juga untuk bahas mengenai kerja sama, dll.


Perkembangan blog

‘Perkembangan blog, perkembangan diri gue’ #aseekk. Iya dong, dulu kan nganggur dikit, ngapain ya... kalo sekarang nganggur dikit, konten blog (dan instagram). Tapi waktu yang kayak gini-gini agak sulit didapatkan sekarang, karena hidup berkarir tidak fokus di dunia blog dan sosial media saja, jadi waktu kosongnya gak banyak. Saking padatnya, sampai seringkali ide muncul tidak pada tempatnya, di kamar mandi atau di jalan pas lagi momotoran.

Malu-malu kucing etapi enggak juga sih (he) kalau ditanya perkembangan blog, karena masih terbilang pasif, padahal ide udah banyak (FYI aja ini mah). But, i still wanna fighting!


Tujuan Nge-blog

Curhat. Se-simple itu tapi seru kalo baca tulisan orang yang curhat. Beberapa orang yang aku tahu juga mulai terjun ke blog dari curhat. Kebanyakan tulisan pasti terselip curhat. Selama masih positif dan lurus-lurus aja. Gak ada yang salah.

Jualan. Iklan lagi, iklan lagi, kalo gak ya jualan punya sendiri juga. Ya emang kenapa? Asal cowok gak jualan bikini aja ya kan.

Ladang Rezeki. Beneran loh, dari blog bisa menghasilkan. Materi atau barang. Kalau penulisnya tekun dan komitmen. Indah Nada Puspita dan Raditya Dika contohnya, kaya dan terkenal.

Produktif dan Inspiratif. Hal terpentingnya adalah tetep ya pemirsa. Balik lagi di tema kali ini ‘Why I started blogging?’, ingin bermanfaat bagi orang banyak lewat tulisan yang dibuat dan ingin menjadi inspirasi bagi orang lain. 



Ngomong-ngomong, untuk menjadi bermanfaat bagi orang banyak, tentu sedekah dan berbagi memiliki peran yang besar. Kali ini, Bandung Hijab Blogger bekerja sama dengan Aksi Cepat Tanggap (ACT) mengajak teman-teman semua untuk berdonasi, membantu saudara-saudara kita yang ada di Palu, Donggala dan sekitarnya dengan cara transfer sejumlah donasi yang akan diberikan melalui rekening BNI Syariah # 8660 2910 1810063 a.n Aksi Cepat Tanggap (For more information, CP: 082129725453 Alia from Bandung Hijab Blogger atau just check instagram @actforhumanity).

Gak kerasa tulisan ini panjang banget, maaf kalo boring nih ya. Sekali-sekali lah memperingati hari blogger nasional ya gak hehehe

See you!

29 komentar

  1. Semua blog pasti pernah jadi tempat curhat ya. Sampai sekarang sih aku iya. Wkwk

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Ginn, kayaknya mesti coba cari ini di pinterest. "blog posts idea for blogger"
    Biar semangat nuliss dan gak kehabisan idee hihi

    BalasHapus
  4. Semoga sezeki di blog bisa kaya raditiadika dan indahnadapuspita ya giin aaminn

    BalasHapus
  5. Mantap gin... Kalau aku lihat ghina udah ada bakat dibidang ini masih muda dan kreatif keep on fire girl

    BalasHapus
  6. iyanih.. lama tak lihat km ng post blog lg ghin ☺️

    BalasHapus
  7. Be, sibuk amat lu kaya pejabat. Ngopi ngapa ngopiiii kuy in lah kapan pas gue ke bandung wkwkw

    BalasHapus
  8. terkejutnya anda itu kurang lebih sama dengan yg ingin saya ungkapkan, terima kasih jadi terwakili nih hehehehe

    BalasHapus
  9. Kak wiki tuh cucunya mbah google yah. Yah aku malah baru tau Indah nada puspita itu dulu blogger. Taunya dia selebgram aja. Wah kliatan newbienya deh aku. Hbis ini lsg kepoin semuanyaa

    BalasHapus
  10. ternyata hampir semua ya blogger berawal dari curhat, haahahha. hidup curhat! :D

    BalasHapus
  11. Awal mula yang sama. Semua berawla dari curhat. Haha

    BalasHapus
  12. Berawal dari curhat. Dan sekarang beneran bisa ngeblog dengan sgt baik. Keep inspiring teh 😍

    BalasHapus
  13. Akupun awal punya blog karna ga punya temen curhat 😁

    BalasHapus
  14. Awal mula yg sama. semangat yaa

    BalasHapus
  15. Walaupun hampir kita kita semua awalnya cuman curhat, semoga semakin hari semangat menulis dan berbagi terus membaraaaa :D

    BalasHapus
  16. hihihi..ternyata banyak yg memulai ngeblog berawal dari hobi curhat ya...kayak saya..sukses terus teteh :)

    BalasHapus
  17. Ga sedikit blogger yang dulu nya seneng curhat di blog nya 😁 sukses terus buat kitaa

    BalasHapus
  18. Aktivitas blogger itu banyak sekarang. Tujuan ngeblog juga udah meluas. Suka tulisannya. Tetap semangat ya, Teh.

    BalasHapus
  19. Tsurhat atau mengungkapkan aspirasi yang tidak terkatakan itu memang modal awal menjadi blogger yaa...akupun begituu.. 😂😂

    BalasHapus
  20. Semua berawal dari curhat ya hahaha.. Tetep semangat dan inspiring ya teh!

    BalasHapus
  21. bethuul, kusetuju. curhat gapapa yag penting bermanfaat dan ada sesuatu yg bisa diambil pembaca hehe

    BalasHapus
  22. Awal mula pasti untuk curhat hihi semangat nge-blog teteh

    BalasHapus
  23. Kebutuhan buat curhat seorang wanita emang lebih banyak dari laki-laki, dan aku ngerasain banget kalau diblog kita bisa nulis sesuka kita,semoga aktivitas ini nantinya menghasilkan ya baik itu secara finansial atau pun karya yang bisa bermanfaat buat banyak orang, semangat ngeblog! Makasih sharingnya

    BalasHapus
  24. Ku dukung dek Ghina untuk mengembangkan industri fashion bloghed Indonesia. Vote Ghina for #TheFamousFashionBlogger2019 👏👏

    BalasHapus
  25. Para blogger berawal dri curhatan. Hihi sukses selalu tth

    BalasHapus
  26. Waw Indah Nada tuh blogger juga yak? Tengkyu for sharing lho teh, aku jadi tau seluk beluk per-blogger an nih

    BalasHapus
  27. Sukses terus... Semangat ngeblog selalu :)

    BalasHapus

My Instagram