Press

‘Tips and Tricks from Creators’ on IDN Creator Network, Creators Gathering Roadshow 2018 at Ambrogio Patisserie




“Pokoknya sekali lagi thank you banget buat IDN Creator Network, udah ngasih aku kesempatan ngundang aku kesini. Banyak banget ilmu dan wawasan yang aku dapet mulai dari instagram, blog, content creator. Semoga IDN Creator Network bisa semakin berkembang dan sukses terus!” kira-kira aku ngomong gitu deh di foto atas.

Btw, hi Guuuysss!! Welcome baaackk!

I still feelin’ so excited for the event and to write this too!

Ok, jadi gini. Minggu kemarin tepatnya Minggu, 15 April 2018 aku dan beberapa temen dari Bandung Hijab Blogger dapat kesempatan buat datang ke event yang diadain sama IDN Creator Network. That is Creators Gathering Roadshow 2018. Bikin aku makin gak sabar ketemu weekend kala itu, karena ini tuh eventnya creator yang which is aku akan ketemu orang-orang kreatif di bidang media sosial.


Acaranya bertempat di salah satu cafe yang lagi hype di bandung, Ambrogio Patisserie *langsung kebayang spot tembok abu, bangku dan lampu minimalisnya gak tuuh, atau tembok yang banyak daunnya?* hahaha. Cocok banget sih ngadain event media sosial di cafe ini, secara selain lagi hype, juga banyak spot foto yang kece-kece abis. Sambil menyelam minum air, sambil ngeramein event ya sambil hunting foto juga. Foto-fotonya ada beberapa yang akan aku share di instagram juga loh, jangan lupa mampir terus follow yaa, tinggal klik ikon instagram di kanan atas blog :))




Kemarin juga sempat ada sesi dimana semua peserta yang datang, dikasih challenge buat foto temennya masing-masing dengan lighting dan angle yang terbaik pake hp dan kita dapet hasil fotonya, yeay!


 

Back to highlight. Sekitar jam 10.30 pagi acaranya dimulai, appetizer yang udah kita pilih datang buat nemenin ‘belajar’. Pertama seperti biasa opening dari MC, kak Tasya dan dari kak Aldo Jovian yang sempet ngobrol sama aku dan teman-teman bandung hijab blogger tentang IDN Creator Network dan content creator di sela-sela makan siang.







Lucu nih, selama acara aku duduk sebelahan sama cowok yang belum sempat kenalan. Terus begitu acaranya udah mau selesai, ternyata eng ing eeeng, cowok yang duduk di sebelah itu kak Abel dari @caferestodiary!, ada followersnya disini? hahaha
Oh iya, ketemu dan foto bareng juga sama kak Septrina. Pangling sudah pake hijab, malah gak ngeh awalnya karena aslinya emang bening banget, padahal udah beberapa kali nonton youtubenya.




By creating innovative content and influential campaigns, we enable brands to tell their story through the Indonesia's top creators and celebrities. We connect brands to the biggest content creators on Instagram, YouTube, and Snapchat.’ – IDN Creator Network. Sebagai suatu wadah bagi para creator untuk berkarya, ada sekitar 8 kategori creator dari IDN Creator Indonesia diantaranya fashion, beauty, food, lifestyle, travel, comedy, parenthood, music, etc.



Setelah itu, masuk ke sesi utama yaitu sharing bersama kak Olivia Lazuardy (Fashion blogger & entrepeneur) - @olivialazuardy, awal mula aktif nulis di blog, sekarang sudah merambah ke youtube dan punya clothing line, sudah banyak pengalaman kerja sama dengan beberapa brand local besar dan internasional. Juga sharing bersama kak Ananta Vinnie (Public Figure & Music Producer) - @anantavinnie, beberapa waktu kemarin perform di sebuah acara kompetisi penyanyi  unggulan di stasiun tv lokal, punya pengalaman kerja sama dengan beberapa brands dan of course, bikin musik. Beneran, sharing sama mereka manfaat banget. Aku yang masih awam dengan dunia creator jadi lebih tau. Apa itu content creator, about brand, how to be unique, dll.


So, langsung aja ini dia rangkuman beberapa Tips and Trick untuk menjadi creator sesungguhnya dari Olivia Lazuardy dan Ananta Vinnie, sila dibaca dan dicerna baik-baik!


1.      Brands and Self Up on Instagram
Apa yang pertama kali terbesit dalam pikiran kalian ketika mendengar kata instagram? Yup! Feeds! Seneng gak sih kalo liat instagram orang dengan feeds yang bagus, rapih dan gak ngebosenin? Bikin seger mata dan jadi pengen kepoin instagramnya terus. Itu yang harus kita lakukan di instagram dan itu pula yang brands mau.
-          Menyatukan brand untuk promote dengan feeds instagram
-          Lakukan sesi foto semenarik mungkin tapi se-simple mungkin buat diliat.
It’s all about lighting, angle, style, expression, colour, etc. Kalo lagi foto promosi, jangan sampai produknya gak keliatan pas di foto hahaha ini penting banget biar sellingnya naik.
-          Harus bisa mix and match foto yang di upload di instagram, biar ga tap in brands terus. Antara brands dan foto sehari-hari.
Kata kak Oliv, ini sering banget dilupain. Ketika merasa diri sudah up, sudah banyak endorse, akhirnya foto di instagram isinya promosi semua. Akhirnya orang-orang bosen dan perlu diingat, followers pasti kangen sama kehidupan kita yang sebenarnya.

2.      How to be Unique?
Di era sekarang ini udah buaanyak banget entah content creator, selebgram, blogger, vlogger, youtuber, apalagi? Tapi di samping itu, kita juga harus sportif. Gimana caranya kita tetap bisa berkarya tanpa harus merendahkan orang lain.
-          Gak usah terlalu ngikutin trend.
*Wagelaseh ini gue bangeeeet*. Orang-orang lebih suka dengan sesuatu yang berbeda (misalnya foto dengan angle yang mereka belum pernah liat).
-          Harus bisa bikin content yang orang lain belum pernah coba.
-          Posisikan diri menjadi followers.
Ketika kalian membuat suatu content terus kalian mau post, aku sering banget mikir ini, “kalo gue post gue sendiri bakal suka gak ya?”, bukan orang lain, tapi diri kita sendiri dulu, gitu kata kak Vinnie.

3.      Kerja sama bareng brands.
Ternyata banyak loh hal-hal yang perlu kita ketahui ketika mau kerja sama dengan brands.
-          Komunikasi
Hal yang paling penting adalah komunikasi. Semuanya harus jelas dan transparan. Gak bisa main terima-terima aja kan. Kita sebagai creator juga harus kasih edukasi ke mereka tentang kehidupan seorang creator disamping mereka punya aturan main, kita juga punya. Kita juga mungkin perlu berpendapat dan diskusi.
-          Berani to say no! Jangan asal terima.
Sebagai creator, kita pasti punya style masing-masing. Ketika ada brand datang ke kalian, gak harus kalian terima semua. Kalo memang brandnya ga cocok sama kalian atau akan ngerusak image kalian, kenapa mesti diambil?

4.      Niat
Ini gak kalah penting. Kerja sebagai content creator itu gak semudah yang dibayangkan. Tetap harus mikir, ngabisin tenaga, wasting time. Harus bisa bekerja dibawah under pressure (bukan hanya orang kantoran aja).

5.      Mau jadi Insta/Social Media Famous or Content Creator?
That is sooo different thing. Kalo mau jadi insta/social media famous gak harus banyak mikir ya, gak mesti banyak kualifikasi dan pertimbangan juga.



Gimana? Menarik banget kan? Udah ada percikan-percikan yang bikin mikir?

Waktu kemarin aku simak mereka ngomong di depan, gak kehitung berapa kali aku ngangguk dan ngerutin dahi sama alis. That is aaall open my mind.

Bukan hanya soal pengalaman, jangka waktu atau siapa kamu?, tapi dimana seseorang mungkin dinilai memiliki kemampuan atau dasar untuk bisa berkembang menjadi kak Oliv atau kak Vinnie selanjutnya, atau mungkin para content creator lain yang wajahnya udah sering kalian liat di sosial media atau media elektronik lain. Juga soal lucky. Who know?

Aku lebih ngerti kenapa aku bisa ada disana, ketemu mereka dan creator lain yang udah lebih lama terjun di dunia media sosial.

Berhubung diatas gak kesebut, aku mau ngucapin lagi makasih buat komunitasku bandung hijab blogger karena darisitu lah aku punya kesempatan, buat kak Tasya, kak Aldo, kak Oliv, kak Vinnie dan semua pihak  IDN Times (@idnmedia) dan IDN Creator Network (@idn.creatornetwork). Semoga kita bisa ketemu lagi di lain kesempatan dan semoga ini bisa jadi awal yang baik untuk aku berkarya *cieilah* bersama teman-teman yang lain dan mungkin bersama IDN Creator Network juga :)


Panjang banget aku nulis gak kerasa ya. Please jangan capek karena ini manfaat banget beneran tinggal diterapkan aja ya gak?

Maaf kalo ada salah-salah kata atau kurang mengenakkan, sampai ketemu di tulisan berikutnya. See ya!

0 komentar:

Posting Komentar

My Instagram